Halaman

Sunday, February 11, 2018

Oseng Belut Bakar - Menu Lezat yang Harus Anda Coba

Belut merupakan jenis ikan yang hidup di lumpur. Belut sangat digemari banyak orang karena rasanya. Terbukti dari hargannya yang cukup mahal, mampu melebihi harga ayam per kilo gramnya, dan sedikit di bawah daging sapi. Malah kalau di tempat saya waktu hari-hari tertentu seperti lebaran, harga belut sangat tinggi, mencapai 150 rb per kilo gram. Kadang ga masuk akalkan hargannya.

Belut dapat dimasak dengan berbagai variasi rasa dengan resep yang berbeda, seperti belut sambal balado, sambal belut pedas, belut ungkep, belut rica-rica, belut bumbu kuning, belut cabe ijo, sampai yang paling mudah yaitu belut goreng dan belut goreng crispy. Banyak sekali.

menu-belut-bakar-oseng

Kalai ini saya share salah satu kebiasaan di kampung saya, khususnya keluarga saya, yaitu memasak oseng belut bakar. Ini karena di kampung saya memang wilayahnya masih persawahan yang jika musim hujan (musim tanam padi) banyak sekali belut bertebaran di lumpur pada malam hari. Jadi kalau mau, sekedar untuk menu makan, tinggal ke sawah malam hari bawa lampu patromak cari dan tangkap.

Cara untuk membuat sajian oseng belut bakar sangat mudah namun rasa yang didapat saya jamin sangat enak, bisa pedas sesuai selera. Resep belut bakar ini sederhana dan mudah untuk dibuat. Jika anda berada jauh dari lokasi persawahan, beli saja di pasar, biasanya ada yang jual belut. Hanya saja belutnya ternakan, bukan dari sawah. Beda dengan saya yang langsung dari sawah. Beda dikit rasanya. Lebih enak belut sawah yang alami dari pada belut ternak. Namun tidak masalah baik belut ternakan atau belut sawah.

Nah, sebelum ke bahasan oseng belut saya kasih tipsnya dulu cara membersihkan belut yang mudah.
Pertama, sembelih/potong belut yang dianggap bagian leher deket kepala dengan pisau tajam. Kemudian sayat ususnya hingga ke belakang bagian dubur. Buang ususnya.

atau dengan cara ke dua;
Matikan belut terlebih dulu dengan cara dibanting atau dipukulkan ke benda keras. Setelah itu bersihkan dengan lidi. Caranya pegan 2 atau 3 batang lidi, kemudian ujungnya asukkan ke mulut belut hingga ke bagian ekor. Setelah masuk hingga ke bagian ekor, putar lidi hingga usus belut kejepit lidi, awalnya terasa agak berat, setelah usus lepas dari bagian


Resep apa saja yang digunakan untuk membuat sajian menu belut oseng ini dan bagaimana cara membuatnya.

Bumbu dan bahan yang dibutuhkan untuk porsi 2 orang.
- Belut 6 ekor sedang (bisa setengah kilo)
- Cabe hijau dan merah
- Bawang merah 3 biji dan 1 biji bawang putih
- Minyak sayur dan garam

Sangat mudah untuk membuat oseng belut bakar:
1. Siapkan beberapa ekor belut, dan bersihkan. Caranya seperti yang saya jelaskan di atas.


2. Bakar belut pada bara yang merata hingga matang basah, maksudnya tidak gosong. Suwir-suwir belut jadi potongan kecil-kecil layaknya suwiran ayam pada bubur ayam, namun lebih besar sedikit dari potongan pada bubur ayam tersebut.

3. Potong-potong bumbu yang sudah disiapkan layaknya anda akan menumis sayuran.
4. Panaskan minyak goreng, masukkan bumbu terlebih dulu, kasih garam secukupnya, aduk-aduk hingga setengah matang. Tuang suwiran (potongan) belut tadi, dan aduk terus hingga bumbu meresap. Angkat jika sudah matang. Tralala.. Oseng belut bakar siap disatap sensasi nikmatnya dengan nasi panas.

Resep ini harus anda coba di hari libur, kecuali anda tidak sama sekali merasakannya seumur hidup anda :)

No comments:

Post a Comment