Halaman

Saturday, November 4, 2017

Nasi Goreng Tempe Tidak Kalah Enaknya

Bosan dengan nasi goreng beli dari Abang jualan? Bikin aja sendiri, rasanya pun bisa diatur sendiri. Jika tidak "pelit" bumbu pasti enak. Ini saya buat manakala lagi ga "mood" dengan menu "nasi goreng beli", apalagi makanan yang dijual di sekitar udah pernah dicobain semua.

Bagaimana cara bikin nasi goreng yang enak?
Gampang cara bikin nasi goreng yang enak, sedap, dan gurih ga perlu lama. Biasanya orang bikin nasi goreng pakai telor, kali ini saya buat dengan variasi tempe. Ya, menu nasi goreng variasi tempe. Rasanya? Ga kalah enaknya dengan variasi telor, atau variasi lainnya seperti sayuran dan daging ayam. Anda sudah pernah mencobanya.

cara-bikin-nasi-goreng-yang-enak

Lantas resep apa saja yang dipakai untuk menjadikan nasi variasi nasi goreng tempe ini enak dan unik? rasanya "different from the others" tentunya, karena komposisinya berbeda dari nasi goreng biasa.

Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat 1 piring nasi goreng yaitu:

  • Cabe keriting merah dan rawit merah 5~10 biji.
  • Bawang merah 2 biji, bawang putih 1 siung
  • Ketumbar kurang lebih 7 biji
  • Nasi 1 piring
  • Garam setengah sendok teh.
  • Minyak sayur +- 5 sendok makan
  • Kecap manis

cara-membuat-nasi-goreng-yang-enak

Berikut urutan cara membuat nasi goreng tempe agar didapat rasa yang benar-benar enak:

  1. Siapkan bumbu untuk diulek: cabe, bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan garam.//Ulek semua bumbu bawang merah, bawang putih, dan ketumbat hingga halus, sedangkan cabe diuleg hanya setengah halus saja.
  2. Goreng terlebih dahulu tempe hingga setengah kering.Tempe digoreng terlebih dulu agar tidak bau kedelai
  3. Siapkan nasi satu piring, aduk-aduk nasi dengan sendok supaya tidak menggumpal. 
  4. Setelah semua siap: Panaskan minyak, kemudian tuangkan bumbu ke dalam minyak panas tersebut. Aduk-aduk bumbu hingga matang.
  5. Tuangkan tempe yang sudah digoreng.
  6. Tuangkan nasi yang sudah disiapkan ke penggorengan, tambahkan sedikit kecap manis. Aduk-aduk hingga bumbu merata dan matang.
  7. Nasi goreng siap dihidangkan

Jika perlu dan sesuai dengan selera anda, tambahkan 1 butir telor digoreng diorak-arek hingga matang, sebelum bumbu mulai digoreng. Kenapa harus telornya dulu digoreng sebelum bumbunya ikut digoreng? Supaya nasi gorengnya nanti tidak bau amis.

Semua bisa anda coba sendiri. DIY Do it yourself..!
Tunggu resep berikutnya..

No comments:

Post a Comment